Mega Proyek Jalur Kereta Api Makasar ke Parepare Memasuki Babak Mengesankan

- Senin, 30 Januari 2023 | 20:15 WIB
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi Beserta Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman Dalam Kunjungan Kerja Mengecek Progres Proyek KA Sulsel (Instagram @ppidsulsel)
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi Beserta Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman Dalam Kunjungan Kerja Mengecek Progres Proyek KA Sulsel (Instagram @ppidsulsel)

Sinarmerdeka.id - Proyek kereta Api Makasar ke Parepare memasuki progres yang mengesankan. Proyek nasional ini memulai uji coba melayani penumpang.

Luar biasa, Kereta Api dengan rute Makasar sampai Parepare KA Sulawesi ini direncanakan akan dibangun sepanjang 145 Km dengan rute sepenuhnya.

KA Sulsel yang dibangun di era Presiden Jokowi ini sudah terbangun sepanjang 84 km yang melintasi Stasiun Mandai Maros dan Stasiun Garongkong Barru.

Baca Juga: Rakerda DPD Gerindra Lampung, Ini Pesan Ahmad Muzani

Presiden Jokowi juga menargetkan kereta api pertama di Sulawesi itu bisa tersambung antara Makassar di Sulsel hingga Manado di Sulawesi Utara.

Menanggapi keinginan Presiden Jokowi ini, Anggota Komisi V DPR RI Neng Eem Marhamah mengatakan, target presiden untuk menyambungkan KA dari Makassar ke Manado sangat tepat.

Sebab, KA merupakan alat transportasi yang efektif dan murah untuk diakses oleh masyarakat.

Baca Juga: Asap Rokok Dapat Menyebabkan asma dan kanker, lihat Pernyataan Manajemen IDI

"Kita tentu apresiasi, kita berharap justru di setiap pulau itu terjadi konektivitas, ada angkutan kereta api karena itu adalah angkutan massal yang paling efektif, efisien dan terjangkau oleh masyarakat serta tidak menimbulkan kemacetan dan lain sebagainya," kata Neng Eem kepada wartawan, Senin 30 Januari 2023.

Neng Eem berharap, target Presiden Jokowi untuk menghubungkan KA dari Makassar ke Manado selesai sebelum tahun 2024.

"Jadi kalau ini kemudian bisa terwujud sebelum masa periode Jokowi habis, itu alangkah bahagianya kita seperti itu," ucapnya dikutip Sinarmerdeka.id dari Rm.id.

Baca Juga: Ungkap Rahasia Inovasi Dunia Pakan Ayam , Ciptakan Pakan Alternatif Murah

Menurut politisi PKB ini, salah satu cara agar target presiden ini mencapai target di tahun 2024 adalah keberpihakan anggaran dan dukungan politik.

Dukungan politik, kata Neng Eem agar bisa mendorong alokasi APBN untuk mewujudkan target pembangunan KA tersebut.

Halaman:

Editor: Edho Tama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X