• Jumat, 22 September 2023

Peta koalisi berubah usai Ganjar Pranowo Capres dari PDI Perjuangan? Pengamat politik angkat bicara

- Jumat, 21 April 2023 | 15:20 WIB
Presiden Jokowi umumkan Ganjar Pranowo capres 2024 dari PDI  Perjuangan (PDI Perjuangan)
Presiden Jokowi umumkan Ganjar Pranowo capres 2024 dari PDI Perjuangan (PDI Perjuangan)

SINARMERDEKA.ID - Dosen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) Aditya Perdana menilai penetapan Ganjar Pranowo sebagai capres oleh PDI Perjuangan akan mengubah pemetaan politik dalam Pilpres 2024.

PDI Perjuangan secara resmi telah menetapkan capres yang akan diusung adalah Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

"PDIP yang sudah memiliki capres tentu akan menjadi magnet utama dalam Pilpres mendatang dan akan mendorong koalisi lain akan merapat," kata Aditya Perdana, Jumat 21 April 2023.

Baca Juga: Modal idiologis dan loyalitas, Ganjar Pranowo dipilih jadi Capres 2024 oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati

Menurut Aditya perubahan koalisi ini terutama terkait dengan pembentukan koalisi yang melibatkan partai-partai pemerintahan dan di luar pemerintahan.

"PDIP tentu memiliki pandangan yang rasional karena elektabilitas Ganjar memang sudah sangat baik dalam beberapa tahun terakhir dari survei2 yang ada," jelasnya.

Presiden Jokowi bersama Megawati Soekarno Putri, Puan Maharani dan Muhammad Prananda Prabowo Sura Megendra Karna Djaja dan Ganjar Pranowo usai pengumuman Capres 2024.
Presiden Jokowi bersama Megawati Soekarno Putri, Puan Maharani dan Muhammad Prananda Prabowo Sura Megendra Karna Djaja dan Ganjar Pranowo usai pengumuman Capres 2024. (Twitter @gibran)

Walupun ada dinamika yang terjadi di dalam PDI Perjuangan untuk menentukan capres tersebut, namun ada peristiwa yang tentu menjadi pertimbangan serius terkait dengan karakter PDI Perjuangan yaitu terkait dengan Israel dan Piala Dunia U20.

Baca Juga: Di depan Megawati Ini pesan Presiden Jokowi ke Ganjar Pranowo, PDI Perjuangan umumkan Capres 2024

"Hal ini menunjukkan sisi positif dari penilaian PDIP terhadap Ganjar dan tentu akan berdampak kepada peningkatan suara PDI Perjuangan nanti dalam Pilpres 2024," kata Aditya Perdana yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Algoritma.
.
Penetapan Ganjar Pranowo sebagai capres telah membuktikan bahwa PDI Perjuangan sebagai partai memiliki kesolidan organisasi yang baik dengan ditunjukkan bagaimana Megawati Sokarnoputri dan Joko Widodo duduk bersama dalam menyampaikan penetapan tersebut.

Hal ini tentu menjawab keraguan adanya perbedaan pandangan dalam penetapan capres.

Baca Juga: Presiden Jokowi umumkan Ganjar Pranowo capres PDI Perjuangan 2024

Apalagi penyampaian penetapan ini dilakukan secara terbuka kepada publik dan berpeluang untuk mendapatkan reaksi publik yang positif terhadap internal partai.

"Konstelasi akan terus menarik diperbincangkan nantinya terutama dalam penentuan Cawapres yang akan didorong oleh PDIP," katanya.***

Halaman:

Editor: MS Amri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PSI Bersama Rakyat Lebih Nyaman Pilih Prabowo?

Minggu, 6 Agustus 2023 | 00:52 WIB
X