Politik Ekonomi Indonesia saat Diserang Pandemi, Jokowi: Hancur Kalau Lockdown!

- Minggu, 29 Januari 2023 | 17:46 WIB
Presiden RI Joko Widodo   (MS Amri)
Presiden RI Joko Widodo (MS Amri)

SINARMERDEKA.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sadar betul jika ekonomi Indonesia akan hancur jika penerapan lockdown berlaku.

Pilihan Pemerintah tetap memberlakukan pembatasan dengan catatan tidak ada lockdown. Karena ekonomi Indonesia bisa down sampai minus 17 persen.

“Dan ternyata tidak salah. Itu kalau diputuskan lockdown bisa kita minus 17 persen saat itu. ekonomi kita, minus 17 persen,” kenang Jokowi saat menghadiri Perayaan Imlek Nasional 2023 di Jakarta, Minggu 29 Januari 2023.

Baca Juga: Skema Politik Pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi Mengubah Arah Dukungan NasDem ke Anies?

Jokowi mengatakan pandemi Covid-19 yang melanda dunia mampu terhindari dengan tidak menerapkan lockdown.

Ini cara jitu menghindarkan Indonesia dari potensi anjloknya perekonomian hingga minus 17 persen.

politik ekonomi nasional sampai minus seperti itu tentu akan membahayakan negara, maka upaya mengembalikan akan sangat sulit.

Baca Juga: 7 Organisasi Relawan Ganjar Pranowo Sepakat Buat Sekber Pemenangan di Lampung, 57 Pengusaha Ikut Gabung

Jokowi masih mengingat pada awal-awal pandemi saat Indonesia akan menentukan menerapkan kebijakan lockdown atau tidak karena semua negara sudah memutuskan lockdown.

Kemudian saat rapat kabinet, katanya, hampir 80 persen menteri saat itu mengusulkan melakukan lockdown. Begitu pula suara-suara yang berkembang di masyarakat.

“Kita kan bisa nengok tabungan rakyat di bank itu berapa, tabungan gede berapa, tengah berapa, kecil berapa, lebih kecil lagi, dan bawah lagi semuanya kelihatan,” imbuhnya.

Masa transisi menuju normal saat ini dengan kondisi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah dicabut akhir Desember 2022.

Baca Juga: Deklarasi Ganjar Pranowo Calon Presiden RI Menggema di Tabek Indah Lampung

Tetapi Jokowi mengajak semua pihak untuk bergotong royong dan bekerja keras kembali untuk bangkit mengejar ketertinggalan.***

Editor: MS Amri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X