• Selasa, 31 Januari 2023

Tak Perlu Mengikuti Tren, Para Ahli Menyarankan agar Skin Care Fokus pada Perbaikan Skin Barrier

- Rabu, 25 Januari 2023 | 09:33 WIB
Berikut ini merupakan kandungan scincare yang tidak boleh dicampur pemakaiannya berdasarkan saran ahli dermatologi dari retinol hingga niacinamide (Freepik/Lifestylememory)
Berikut ini merupakan kandungan scincare yang tidak boleh dicampur pemakaiannya berdasarkan saran ahli dermatologi dari retinol hingga niacinamide (Freepik/Lifestylememory)

SINARMERDEKA.ID - Musim pandemi mengharuskan masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan menggunakan masker di luar rumah. Kebiasaan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan kulit.

Di sisi lain, situasi ini juga menciptakan tren baru di masyarakat. Pentingnya perawatan kulit terutama dalam kaitannya dengan kecantikan menjadi sesuatu yang dapat dilihat dalam rutinitas sehari-hari.

Dalam setahun terakhir, tiga kategori perawatan kulit yaitu pembersih wajah, serum, dan pelembab menjadi tren di masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Lirik Lagu the Panturas - Sunshine dan fakta di baliknya

Ketiga produk ini merupakan rangkaian yang membahas tentang menjaga kesehatan kulit dan perawatan wajah untuk kulit yang sehat, cerah dan bercahaya.

dokter kulit dr Kardiana Dewi, SpKK menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 menimbulkan beberapa masalah baru, diantaranya kesehatan kulit terutama di area wajah.

“Permasalahan kulit yang akhir-akhir ini muncul di masa pandemi terutama di bagian wajah seringkali datang karena kita harus beradaptasi dengan new normal,” ungkapnya.

Baca Juga: Resep dan Cara Mudah Membuat Ayam Popcorn, Anak Suka, Enak dan Asin, Bisa Dikoleksi!

Sebagai solusi dari permasalahan kulit wajah dan tren menuju kulit yang sehat, bersih dan berseri, Kardiana mengajarkan bahwa masyarakat harus selalu memperhatikan kondisi perlindungan kulitnya sendiri.

Epidermis atau dermis adalah lapisan kulit terluar yang melindungi tubuh dari sinar ultraviolet, polusi, racun dan patogen yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, pelindung kulit berperan penting dalam menjaga kelembapan alami dan kesehatan kulit.

Jika fungsi pelindung kulit terganggu, kulit bisa mengering dan mempercepat pembentukan melanin. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga perlindungan kulit dengan perawatan rutin agar bekerja maksimal. Sedangkan untuk skin barrier yang rusak, beberapa tandanya adalah kulit kering, gatal dan merah atau kulit menjadi lebih sensitif.

Baca Juga: Resep dan Cara Mudah Membuat Ayam Popcorn, Anak Suka, Enak dan Asin, Bisa Dikoleksi!

Kulit yang rusak

Selain itu, kata Kardiana, terkadang tidak semua orang memahami ciri-ciri kerusakan ini. Kondisi kulit seperti itu bisa dipicu oleh kebiasaan sehari-hari yang tidak tepat seperti mencuci dan menggunakan sabun muka, malas menggunakan pelembab atau menggunakan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda.

Tidak disarankan untuk sering menggunakan tonik dengan krim pengelupas. Meski diketahui bisa mengangkat sel kulit mati, penggunaan yang tidak tepat justru bisa mengiritasi kulit.

Saat teriritasi, berbagai kotoran lebih cepat meresap melalui pori-pori ke dalam kulit. Dapat menyebabkan jerawat, kulit kusam atau masalah kesehatan kulit lainnya.

Baca Juga: Peringatan! Ini Adalah 5 Gejala Jantung, Lihat Apa Itu dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Setelah membersihkan wajah, jangan lupa untuk menggunakan moisturizer atau pelembab. Pilih produk pelembap yang mengandung senyawa yang merawat kulit kering, mendukung pembaharuan sel dan juga menutrisi kulit.

Dia mengatakan bahan yang banyak digunakan saat ini termasuk ceramide, niacinamide dan vitamin C. Kandungan Niacinamide atau dikenal juga dengan Vitamin B3 merupakan kandungan yang menawarkan banyak manfaat bagi kulit.

Dikenal karena kemampuannya untuk mendukung penghalang pelindung kulit, niacinamide dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit, memperbaiki warna kulit yang tidak rata atau kusam dengan mengurangi produksi melanin, dan merangsang regenerasi sel kulit baru.

Baca Juga: Peringatan! Ini Adalah 5 Gejala Jantung, Lihat Apa Itu dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Halaman:

Editor: Mario.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cara Jitu Mendapatkan Saldo DANA Gratis

Selasa, 31 Januari 2023 | 01:05 WIB

5 Hewan Ternak dan Hewan Peliharaan Menguntungkan

Senin, 30 Januari 2023 | 16:37 WIB

Peringatan! 4 Penyakit Kucing Ini Menular Ke Manusia

Senin, 30 Januari 2023 | 10:47 WIB

Apakah Kucing Suka Keluar Rumah? Ikuti 5 Tips Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 10:36 WIB

4 Hal Penting Untuk Menjaga Kesehatan Hewan

Senin, 30 Januari 2023 | 10:23 WIB

HP Samsung Terbaru 2023 Dibanderol 3 Jutaan

Senin, 30 Januari 2023 | 08:47 WIB
X